Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 9, No 3 (2020): Agustus 2020

Strategi promosi sebagai upaya mengeksistensikan perpustakaan di era serba digital

Virda Haniva (Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Teknologi informasi dalam lingkup komputer dan jaringan, bersatu-padu dengan teknologi komunikasi membentuk suatu jaringan internet dengan jangkauan yang luas. Inovasi terbaru seperti teknologi jaringan wireless dan broadband, penyimpanan besar dengan transfer data berkecepatan tinggi, serta integrasi komunikasi dan teknologi selular dengan internet turut berkonstribusi meningkatkan produksi suatu informasi digital. Informasi digital dari internet berawal dari berbagai jenis layanan database online, web page, e-journal, katalog online, e-books, e-reporting, e-clips, dan e-resources lainnya dimana file digital tersebut berupa teks, audio, video, ataupun gambar. Ketersediaan e-resources melalui teknologi internet dan komunikasi tersebut tentu akan mengancam eksistensi perpustakaan jika dalam menyediakan informasinya masih dengan metode konvensional. Masyarakat akan meninggalkan perpustakaan jika tidak dibarengi dengan promosi yang mengemas perpustakaan menjadi sesuatu menarik. Peran promosi sangat penting guna mengenalkan masyarakat wajah perpustakaan yang modern yang didalamnya melayani jasa informasi yang dapat di pertanggungjawabkan kesahihannya

Copyrights © 2020