ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2023): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Penerapan Era Digital Marketing Pada UMKM Zahira Olshop Batam

Jihan Karisma (Universitas Internasional Batam)
Suyono Saputro (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

Sektor ekonomi kini telah mengalami pergeseran ke arah ekonomi yang berbasis internet dan digital. Oleh karena itu, pelaku usaha terutama dibidang fashion harus sanggup mengikuti pergeseran tersebut. Terjadinya pergeseran ekonomi berbasis digital ini membuat persaingan bisnis fashion semakin ketat dan semakin kompetitif dalam memasarkan produk masing-masing. Zahira Andini Olshop merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang penjualan produk fashion dengan menggunakan sistem penjualan secara offline dan online. Diketahui bahwa usaha ini sudah memiliki akun instagram tetapi usaha ini tidak bergerak aktif di media sosial maupun periklanan digital. Hal ini dikarenakan keterbatasan wawasan pemilik toko terhadap fitur-fitur media sosial dan periklanan digital. Tujuan kegiatan program pengabdian yang dilakukan ini yaitu membantu usaha Zahira Andini Olshop dalam memasarkan produknya di media sosial Instagram secara aktif untuk memperkenalkan usaha ini ke lebih banyak orang, menjangkau pelanggan baru, serta dapatĀ  membantu meningkatkan omset penjualan usaha. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa Zahira Andini Olshop merasakan adanya perkembangan usaha dari pemanfaatan media sosial Instagram.dan pemasaran digital lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...