Penggunaan platform digital oleh UMKM di Indonesia nyatanya sudah cukup meningkat. Hal ini di dorong karena terjadinya lonjakan penggunaan media sosial yang tinggi sehingga meningkatkan transaksi penjualan para pelaku UMKM. Strategi pemasaran diperlukan agar segmen pasar, penentuan pasar sasaran, dan penentuan posisi pasar dapat dengan tepat dipilih. ICT telah memberikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan pasar mereka dalam meningkatkan daya jual produk. Strategi pemasaran yang digunakan UMKM Wajit Legieta masih dibilang tradisional dengan menggunakan door to door, distributor dan baru berkembang ke pemasaran digital pada tahun 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemasaran melalui digital marketing terhadap peningkatan penjualan. metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara secara terstruktur. Hasil dari penelitian ini bahwa UMKM wajit Legieta melakukan perkembangan dengan melakukan pemasaran melalui digital marketing yang dimana platform yang digunakan yaitu Instagram, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Setelah melakukan pemasaran melalui sosisal media selama 2 tahun Wajit Legieta mengalami peningkatan penjualan sebesar 20%. Dapat di simpulkan bahwa Strategi pemasaran berbasis ICT berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk UMKM Wajit Legieta.
Copyrights © 2023