Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 2 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM (Studi Kasus : Wajit Legieta di Cililin)

Nugraha Saefudin (Universitas Widyatama)
Dimas Maulana (Universitas Widyatama)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2023

Abstract

Penggunaan platform digital oleh UMKM di Indonesia nyatanya sudah cukup meningkat. Hal ini di dorong karena terjadinya lonjakan penggunaan media sosial yang tinggi sehingga meningkatkan transaksi penjualan para pelaku UMKM. Strategi pemasaran diperlukan agar segmen pasar, penentuan pasar sasaran, dan penentuan posisi pasar dapat dengan tepat dipilih. ICT telah memberikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan pasar mereka dalam meningkatkan daya jual produk. Strategi pemasaran yang digunakan UMKM Wajit Legieta masih dibilang tradisional dengan menggunakan door to door, distributor dan baru berkembang ke pemasaran digital pada tahun 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemasaran melalui digital marketing terhadap peningkatan penjualan. metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara secara terstruktur. Hasil dari penelitian ini bahwa UMKM wajit Legieta melakukan perkembangan dengan melakukan pemasaran melalui digital marketing yang dimana platform yang digunakan yaitu Instagram, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Setelah melakukan pemasaran melalui sosisal media selama 2 tahun Wajit Legieta mengalami peningkatan penjualan sebesar 20%. Dapat di simpulkan bahwa Strategi pemasaran berbasis ICT berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk UMKM Wajit Legieta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...