Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol 6, No 1 (2023): [Januari-Februari] Jurnal Disrupsi Bisnis

Pengaruh Promosi, Word Of Mouth dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam

Vanny Rahma Sari (Universitas Putera Batam)
M. Khoiri (Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah promosi, word of mouth, dan kemudahan penggunaan memiliki peran dalam pilihan pengguna untuk melakukan pembelian menggunakan aplikasi Gofood di Kota Batam. Studi ini akan menggunakan metodologi kuantitatif, yang sering digunakan dalam investigasi semacam itu. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan tujuan menguji hipotesis; itu didasarkan pada positivisme, menggunakan alat penelitian untuk mengumpulkan data, dan bergantung pada teknik kuantitatif atau statistik untuk menganalisis data tersebut. Total populasi studi meliputi 380 orang yang tinggal di wilayah Tiban Lama yang memanfaatkan fitur GoFood dari aplikasi GoJek untuk melakukan pembelian. Menurut algoritma Slovin, 111 responden dipilih secara acak untuk studi lebih lanjut. Pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis parsial, dan pengujian hipotesis simultan hanyalah beberapa prosedur statistik yang dapat digunakan untuk data. Hasil penelitian menemukan bahwa di Kota Batam, keputusan pembelian di aplikasi Gofood dipengaruhi oleh promosi, word of mouth dan kemudahan penggunaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...