Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2023): Volume 6 Nomor 1 tahun 2023

Deskripsi Proses Abstraksi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo

Ismiyati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Abstraksi merupakan proses penting dalam pendidikan matematika. Pendidik perlu memberikan kepedulian dan mengetahui perbedaan karakteristik siswa dalam memandang objek matematika abstrak; salah satunya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses abstraksi dalam mengkonstruksi relasi segitiga ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini terdiri dari empat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Balikpapan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah subjek cepat akurat memperoleh 6 hubungan segitiga dan dalam menyelesaikan subjek dengan cepat tanpa pertimbangan yang matang dan cenderung menuliskan segala sesuatu yang terlintas dalam pikiran pada lembar jawaban tanpa memikirkannya tetapi solusi yang diberikan cenderung tepat. Reflektif subjek memperoleh 7 relasi segitiga dan dalam menyelesaikan subjek berpikir terlebih dahulu sebelum menjawab suatu pertanyaan sehingga membutuhkan waktu yang lama namun jawaban yang disampaikan berdasarkan hasil pengolahan informasi yang matang dan cenderung tepat. Subjek impulsif memperoleh 5 relasi segitiga dan dalam menyelesaikan subjek cenderung merespon dengan cepat, singkat tetapi tidak jelas dan menuliskan semua yang terlintas dalam pikirannya pada lembar jawaban tetapi solusi yang diberikan cenderung kurang tepat. Subjek lambat kurang tepat memperoleh 5 relasi segitiga dan dalam menyelesaikan subjek cenderung lama dalam merespon dan kurang tepat dalam memberikan kesimpulan serta tidak memaparkan secara detail.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...