Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis SWOT yang dilakukan Kedai Kopi Siliwangi dalam melakukan bauran pemasaran dan mengetahui implementasi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan tergolong sebagai penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam implementasi SWOT di Kedai Kopi Siliwangi Samarinda dalam kekuatan terdapat kualitas produk yang dihasilkan, harga terjangkau, promosi penjualan langsung, dan lokasi yang strategis. Dalam kelemahan terdapat kurangnya konsentrasi kerja pegawai, keuntungan yang kecil, tidak ada tempat pembuangan air, dan jangkauan promosi yang tidak luas. Dalam peluang terdapat luasnya pangsa pasar, memperluas tempat usaha, dan kebutuhan masyarakat yang berkembang. Dalam ancaman terdapat munculnya pesaing baru dan kondisi jalan. Kemudian di dalam implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan, Kedai Kopi Siliwangi menjalankan strategi porduk dengan menemukan supplier yang murah, strategi harga dengan membuat harga yang terjangkau, strategi tempat dengan menemukan lokasi yang strategis, dan strategi promosi dengan metode promosi word of mouth.
Copyrights © 2023