Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 3 (2022): September

Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Discovery Learning Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar

Lestari, Ni Kadek Dwi (Unknown)
Ni Nyoman Ganing (Unknown)
I Komang Ngurah Wiyasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya optimal yang menyebabkan kurangnya minat peserta didik dalam belajar.  Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berupa E-LKPD berbasis discovery leaning pada muatan pelajaran IPS untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melaksanakan wawancara, kuisioner dan tes. Subjek uji coba terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli desain, 1 ahli media, 3 orang peserta didik untuk uji coba perorangan, dan 9 orang peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial untuk mengetahui kelayakan media E-LKPD. Hasil penelitian review materi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, hasil review ahli media memperoleh kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil memperoleh kualifikasi baik. Oleh karena itu, E-LKPD berbasis discovery leaning layak digunakan untuk peserta didik kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam menjelaskan materi dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...