Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengimplementasikan produk desain penilaian peserta didik di jenjang sekolah menengah yang diinterasikan dengan teknologi digital wordwall untuk pembelajaran biologi dengan format assessment for learning (AFL). Pada penelitian ini produk desain assessment for learning (AFL) yang dikembangkan melalui aplikasi wordwall mampu mendukung pembelajaran biologi. Penelitian deskriptif focus pada produk desain assessment for learning (AFL) berbantu aplikasi wordwall. Produk AFL tersebut mencakup seluruh materi Sekolah Menengah baik tingkat SMP/ MTs dan SMA / MA yang kemudian diimplemetasikan untuk cara pembuatannya kepada sejumlah mahasiswa calon guru biologi. Pada artikel ini Penulis menguraikan bagaimana proses pembuatan dan produk AFL melalui wordwall konten pembelajaran biologi sekolah menengah dan implementasinya saat disampaikan ke melalui workshop pemanfaatan AFL melalui aplikasi wordwall kepada 48 Mahasiswa calon guru Biologi. Berdasarkan penjaringan data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa AFL Pembelajaran biologi dengan aplikasi wordwall, baik dan dapat mendukung aktivitas pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di sekolah menengah. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan suatu alternatif pendekatan pembelajaran secara integrative pada pembelajaran biologi melalui pemanfaatan AFLmelalui wordwall untuk pembelajaran pasca pandemic covid-19 yang secara tidak sadar masih tetap harus menintegrasikan dengan teknologi.
Copyrights © 2022