Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 6 No. 3: MARCH 2023 -Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PTM di UPTD Puskesmas Tosora: The Relationship of Health Service Quality With PTM Patient Satisfaction in UPTD Puskesmas Tosora

St. Rosmanely (Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas)
Muh. Yusri Abadi (Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas)
Ika Bella Rezqi Jaya (Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas)
Ahmad Yani (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan dipahami sebagai pemenuhan kebutuhan pasien dan kualitas pelayanan yang diterima pasien dapat dinilai salah satunya berdasarkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan bahagia yang muncul pada diri seorang sehabis menerima pelayanan yang diterima atau dialam secara eksklusif atau menggunakan istilah lain tingkat perasaan seseorang pelanggan sehabis membandingkan kinerja atau output yang dirasakan. Tujuan: untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Penyakit Tidak Menular Puskesmas Tosora. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Penelitian dilakukan pada bulan April – Mei 2022. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi teknis (p=0.086), akses terhadap pelayanan (p=0.013), hubungan interpersonal (p=0,000), dan kenyamanan (p=0,006). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan anatara variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora. Sedangkan, tidak ada hubungan antara variabel kompetensi teknis dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora Kabupaten Wajo. Kesimpulan: Ada hubungan antara faktor variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, dan kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD puskesmas Tosora Kabupaten Wajo. Saran penulis untuk pihak Puskesmas agar meningkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, sehingga dapat memberikan dampak kepuasan kepada pasien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...