Abstrak—Klinik Pratama MTA Surakarta adalah klinik didaerah kota surakarta yang terus berupaya untukmeningkatkan layanan serta standar kualitas klinik dariberbagai sisi, antara lain pemanfaatan teknologi informasi.Proses Pendaftaran pasien pada klinik ini masih dilakukandengan model konvensional sehingga dengan tingkat kunjunganyang sering tinggi kadangkala terjadi penumpukan di ruangtunggu Front Office. Dengan tingginya tingkat pendaftarantersebut, maka berdampak pula pada tingkat antrian yangtinggi pada pelayanan poliklinik. Kadangkala pasien sampaimenunggu di luar ruang tunggu poliklinik, sehingga ada pasienyang tidak mendengar ketika namanya dipanggil danmenyebabkan namanya dilewatkan serta tidak mengetahuinomor urutan yang telah dipanggil. Tujuan dari penelitian iniadalah merancang purwarupa sistem pendaftaran online klinikuntuk pelayanan poli berbasis mobile, dimana di dalam sistempendaftaran tersebut terdapat pula layanan antrian untukpoliklinik. Metodologi yang digunakan dalam perancangan iniadalah dengan melakukan identifikasi masalah, studi literatur,pengumpulan data, prototyping modeling dan penulisanlaporan. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype sistempendaftaran online klinik untuk pelayanan poli berbasisandroid yang mengolah sistem pendaftaran dan antrian padalayanan klinik Pratama MTA Surakarta, sehingga dapatmengurangi permasalahan pada model konvensionalsebelumnya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022