Inter Community : Journal of Communication Empowerment
Vol 4, No 2 (2022): Inter Community : Journal of Communication Empowerment

“Pop-up Ads, Skip, or Strike?” Studi Efektifitas Format Pop-up Ads terhadap Web User’s Attitude

Kurnia Kurnia (Stikom Interstudi Jakarta)
Genta Purna Yudha (STIKOM InterStudi)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Seiring dengan berkembangnya penggunaan dan akses media berbasis internet, in- dustri periklanan juga menlakukan akselerasi media melalui pemanfaatan situs website sebagai media periklanan yang dianggap potensial untuk mendistribusikan informasi sekaligus menghadirkan tantangan unik bagi setiap pengiklan (Seyedghorban et al., 2016). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan Teknik non probability sampling di- mana tidak seluruh anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih (Krismiyati, 2017). Dalam penetapan sampel dilakukan dengan metode purposive yaitu ditetapkan berdasarkan kriteria yaitu Web User’s IDLIX yang mengikuti akun Instagram IDLIX dan aktif mengakses IDLIX minimal 1 kali dalam 1 minggu. Sampel kemudian dihitung dan ditetapkan dengan perhitungan rumus Lemeshow (1997) Dari hasil pengumpulan data dengan kuisioner terstruktur yang disebar menggunakan google form didapatkan responden sebanyak 100 orang. Seluruh responden dalam penelitian ini adalah pengikut Web streaming IDLIX di Instagram.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa format Pop-up Ads terbukti efektif dalam mempengaruhi sikap pengguna website IDLIX. Format Pop-up Ads dinilai efektif dalam mengarahkan sikap positif pengguna website apabila tepat sasaran (Strike) dan tidak dilewatkan (Skip). Peneitian ini juga membuktikan bahwa ada tiga faktor yang harus diperhatikan untuk membuat Format Pop-up Ads menjadi efektif dalam membentuk sikap pengguna website, antara lain Entertainment, Information dan Irritation. Ketiga faktor tersebut akan sangat menentukan sikap pengguna website. Apabila IDLIX ingin menawarkan format Pop-up Ads pada pengguna websitenya maka IDLIX harus secara hati-hati mempertim- bangkan ketiga faktor tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intercommunity

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Inter Community: Journal of Communication Empowerment was launched in 2019 and is published by STIKOM Inter Studi, Jakarta. Inter Community is a peer review, open access and scholarly journal that provides an interdisciplinary forum for project and community service on communication issues. This ...