Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini mempunyai kemungkinan karena adanya jangkauan yang luas. Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini telah hadir di tengah masyarakat. Instagram saat ini juga menjadi alat promosi maupun iklan. Konsumen dapat mengevaluasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Instagram terhadap Respons Konsumen Mahasiswa STIKOM Interstudi dan Seberapa besar pengaruh iklan Instagram terhadap respons konsumen. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu, variabel independen penelitian ini adalah Iklan Instagram dan variabel dependen penelitian ini adalah Respons Konsumen. Penelitian ini menggunakan konsep iklan, iklan instagram, iklan media sosial instagram, respons konsumen. Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pada penelitian ini pengambilan sampling menggunakan non probalility sampling dengan menggunakan purposive sampling, yaitu purposive sampling menggunakan karakteristik atau pertimbangan tertentu dengan responden mahasiswa STIKOM Interstudi. Dengan populasi yang diambil sebanyak tiga ratus empat puluh empat dan sampel berjumlah tujuh puluh tujuh orang. Hasil penelitian ini adalah nilai KMO Iklan Instagram 0,898 Respons Konsumen 0,903 (Valid). Uji Validitas menggunakan KMO dengan nilai diatas 0.5, Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan nilai diatas 0.6, Uji Regresi yang terdiri dari korelasi sebesar 0,689, Model Summary sebesar 0,474 yang artinya variabel Iklan Instagram dan Respons Konsumen memiliki hubungan tingkat cukup kuat, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa Iklan Instagram (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Respons Konsumen (Y).
Copyrights © 2020