Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengkaji pilihan model strategi bertahan usaha mikro sektor kuliner pada fase awal pandemi Covid 19. Argumen yang disajikan dalam artikel ini adalah bahwa UMKM khususnya usaha mikro yang masih beroperasi saat pandemi telah melakukan penerapan strategi bertahan hidup untuk kepentingan keberlanjutan bisnisnya. Studi yang didasarkan pada paradigma interpretivis, menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus pada 15 pemilik usaha mikro bidang kuliner yang dipilih secara purposive, menggunakan kuesioner semi terstruktur dengan pertanyaan terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha mikro sektor kuliner menerapkan strategi bertahan diantaranya melakukan pemasaran online, pemotongan biaya, melakukan promosi dan diversifikasi usaha/jasa. Studi ini merekomendasikan agar pemilik usaha mikro dibekali dengan literasi digital, keterampilan inovatif dan analisis lingkungan sebagai strategi yang memungkinkan mereka melakukan lindung nilai terhadap risiko yang tidak terduga
Copyrights © 2023