Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)
Vol 12, No 1 (2023): MARET

Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Dompet Digital DANA Melalui E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening

Syahidah, Andi Arini (Unknown)
Aransyah, Muhammad Fikry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-customer loyalty melalui e-satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna dompet digital DANA. Penelitian ini berfokus pada DANA sebagai e-wallet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat namun masih banyaknya keluhan yang dirasakan oleh pengguna dompet digital DANA terkait top up yang tidak berhasil, terjadinya error sistem, kesulitan upgrade akun premium, saldo terpotong serta penanganan dari customer service yang lambat dan tidak memberikan solusi. Hal ini terlihat dari hasil review pengguna di Play Store. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner online yang dibagikan kepada 100 responden, dengan kriteria pengguna dompet digital DANA yang pernah melakukan transaksi non tunai minimal dua kali atau lebih dalam enam bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modelling berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap e-customer loyalty, e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty, e-trust berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap e-customer loyalty, e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-satisfaction dan e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sisfokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Sisfokom merupakan singkatan dari Jurnal Sistem Informasi dan Komputer. Jurnal ini merupakan kolaborasi antara sivitas akademika STMIK Atma Luhur dengan perguruan tinggi maupun universitas di Indonesia. Jurnal ini berisi artikel ilmiah dari peneliti, akademisi, serta para pemerhati TI. Jurnal ...