Ad-DA’WAH: Dakwah dan Komunikasi Islam
Vol 20 No 1 (2022): Ad-DA’WAH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam

Pendekatan Maqashid Syari’ah Pada Bisnis Ritel Syari’ah: Studi Pada Mart 212 di Jakarta

Zulkifli Zainuddin (Institut Pembina Rohani Islam Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Fokus artikel ini adalah mencermati permasalahan penerapan Maqasid syariah dalam bisnis ritel syariah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan prinsip Maqasid syariah pada Ritel 212 Mart sehingga dapat diketahui apakah penerapan Maqasid syariah dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh retail syariah . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan variable mandiri Maqasid syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima tujuan dalam Maqasid syariah dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan dan tidak ditemui adanya hal yang menyimpang dalam pelaksanaanya. Ritel 212 dapat dijadikan sebagai contoh penerapan prinsip Islam dalam kehidupan yang sesuai dengan tujuan (maqashid) syariah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ad-DAWAH

Publisher

Subject

Humanities

Description

Ad-DA’WAH adalah jurnal akses terbuka yang menerbitkan hasil penelitian berfokus pada dakwah dan ilmu-ilmu keislaman dengan lingkup mencakup: 1. Materi dakwah (māddah al-da’wah) yang meliputi bidang akidah, syariah (ibadah dan mu’amalah) dan Akhlak; dakwah dan politik, Pendidikan Islam, ...