PT. Charoen Pokphand Indonesia saat ini mengalami stagnasi dalam hal retensi pelanggan, dimana jumlah pelanggan mereka terus mengalami penurunan dan tidak banyak yang melakukan pembelian ulang. Hal ini terindikasi karena belumm berjalannya strategi manajemen dalam mebuat pelanggan setia kepada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Generik Porter dan SWOT dalam membentuk Retensi Pelanggan di PT. Charoen Pokphand Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Analisis Regresi Berganda untuk menjawab hipotesis penelitian dan analisis SWOT untuk penyusunan strategi pemasaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan sebanyak 67 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial variabel Strategi Diferensiasi, Strategi Kepemimpinan Biaya dan Strategi Fokus masing-masing variabel berpengaruh terhadap Retensi Pelanggan, sedangkan semua variabel secara simultan berpengaruh terhadap Retensi Pelanggan. Penyusunan analisis SWOT berdasarkan variabel terkuat yang mempengaruhi Retensi Pelanggan, yaitu variabel Strategi Kepemimpinan Biaya.
Copyrights © 2023