Penelitian ini bertujuan untuk menentukan analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha tenun di masa pandemi Covid-19 (studi kasus pada usaha tenun Alamanda Sudaji di Bali). Prosedur pemilahan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan informasi, prosedur penanganan dan analisis data melalui pengumpulan informasi, penyajian informasi, reduksi dan konfirmasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa barang yang dikirim berbeda tetapi ada kompetitor yang menjual barang pembanding. Harga tersebut setara dengan Alamanda Sudaji membeli barang, namun kompetitor memberikan harga yang lebih murah dari Alamanda Sudaji membeli barang. Tempat atau lokasi tenun Alamanda Sudaji sangat penting tetapi kerangka jalannya kurang karena jalannya kecil. Kemajuan yang dicapai oleh tenun Alamanda Sudaji dalam memasarkan produknya melalui aplikasi Facebook, namun promosinya masih kurang baik. Strategi pemasaran yang tepat di masa pandemi Tenun Alamanda Sudaji menggunakan sistem promosi 4P.
Copyrights © 2023