Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menelaah penggunaan v-mapel dalam membentuk karakter mandiri belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang menyajikan data berupa uraian informasi dari sejumlah pihak yang terkait dengan penelitian ini, yaitu tentang PJJ melalui penyajian materi pembelajaran dengan video offline. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, berdasarkan kemampuan dan kualitas informasi yang disampaikan oleh informan, yaitu; masing-masing 1 Kepala Sekolah, 6 Guru Kelas 20 Siswa, dan 5 Orangtua dari 3 sekolah tempat penelitian tersebut, jadi jumlah subjek yang terlibat sebanyak 96 informan. Intrumen pengumpulan datanya pedoman wawancara dan observasi. Sedangkan untuk analisis datanya yaitu menggunakan; Reduksi, Penafsiran, Penarian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksakan, maka dapat disimpulkan bahwa guru membuat materi pelajaran yang disajikan dalam bentuk video dan dikirim kepada orangtua siswa melalui Whatsapp dan orang tua terlebih dahulu mengecek video, kemudian memperlihatkannya kepada anak/siswa. Dalam hal tersebut orangtua langsung mendampingi anaknya/siswa, untuk belajar. Pengiriman v-mapel yang dilakukan oleh guru kelas, secara terstruktur dan sistematis, yang pada akhirnya hal tersebut, dapat merangsang terbentuknya karakter mandiri belajar siswa. Sehingga siswa akan terbiasa untuk belajar secara mandiri, dan menjadi bagian dari karakter siswa, untuk senantiasa mempelajari kembali materi pelajaran yang diperoleh dari gurunya di sekolah, atau materi pelajaran yang dirancang khusus oleh guru melaui vidio penyajian materi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023