SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA : (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kasokandel Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2017/2018)

Surahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kasokandel, Majalengka. Pemicunya adalah karena model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional, berpusat pada guru (teacher centered). Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut ditawarkan melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA materi cahaya di kelas VIII A? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya menggunakan model cooperative learning tipe STAD di kelas VIII A? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA materi cahaya di kelas VIII A berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklusnya. Pada pra siklus hanya terdapat 11 siswa atau 37% saja yang tuntas belajar, dengan nilai KKM 70. Namun itu mengalami kenaikan di siklus I menjadi 20 siswa atau 67%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa atau 87%. Sementara keaktifan belajar siswa pada siklus I sebanyak 18 siswa atau 60%. Pada siklus II terdiri dari 25 siswa atau 83%. Oleh karenya, model belajar cooperative learning tipe STAD sangat tepat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kasokandel, Majalengka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sinau

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora (ISSN: 2461-1425 E-ISSN : 2685-1679 ) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada kajian dan penelitian di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora di Indonesia. Fokus pembahasannya mencakup Seputar Pendidikan, Penelitian tindakan Kelas, Ilmu Sejarah, Pendidikan ...