Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik di SDIT Raflesia Depok. Supervisi pendidikan adalah kegiatan pengawasan akademik untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dilakukan secara formal dan terjadwal. Supervisi secara mendadak dilakukan kondisional (jika dibutuhkan). (2) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan meliputi aspek: a) Administrasi persiapan mengajar (program tahunan, program semester, silabus, RPP/ lesson plan, KKM, daftar nilai; b) proses pembelajaran (Kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup); c) Penggunaan media pembelajaran; dan d) Proses penilaian sedangkan pada kegiatan tindak lanjut, pelaksanaan supervisi diarahkan pada pembimbingan dan pelatihan kompetensi guru. (3) Teknik-teknik supervisi yang dilakukan adalah: teknik diskusi kelompok, teknik kunjungan kelas/ lapangan, teknik pembicaraan individual, dan teknik simulasi pembelajaran. (4) Kendala yang dialami oleh kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan supervisi adalah terbatasnya waktu, kadangkala jadwal supervisi berubah.
Copyrights © 2019