Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji peran etika bisnis Islam terhadap keuntungan pengusaha laundry di kelurahan Bontoduri Kota Makassar.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat dua variabel yaitu etika bisnis Islam sebagai variabel bebas (independent) dan keuntungan  sebagai variabel terikat (dependent), dengan menggunakan sumber data di antaranya data primer, sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi data atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku dan sebagainya.Populasi dalam penelitian adalah pengusaha laundry di kelurahan Bontoduri Kota Makassar sebanyak 75 orang pengusaha. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dan diperoleh 52 responden sebagai sampel.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji coba dan diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, uji T, uji R2. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 34,891 + 0,804X yang artinya Keuntungan dipengaruhi Etika Bisnis Islam. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,324, ini berarti penerapan etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha adalah sebesar 32,4%, sedangkan sisanya 67,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian. Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Keuntungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022