Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimiapeserta didik kelas X MIA dengan menerapkan model pembelajaran Literasi dengan Guru Teman Tutor Sebaya (Lagu TTS) dan membandingkannya dengan hanya mengunakan model pembelajaran Tutor Sebaya (TTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengacu pada pendapat Kemmis dan MC.Taggart yang setiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes formatif, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA MAN 4 Balangan pada pembelajaran Hukum Hukum Dasar Kimia Tahun Pelajaran 2021/2022 Semestar 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas hasil belajar peserta didik pada siklus 1yang hanya mengunakan model pembelajaran tutor sebaya (TTS) sebesar 81,25% dan pada siklus 2dengan mengunakan Lagu TTS meningkat menjadi 92,25%. Peningkataan aktivitas peserta didik berdampak pada ketuntasan hasil belajar kimia yang ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 73,91%, dan meningkat menjadi 95,65% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan mengunakan Lagu TTS lebih berhasil jika hanya mengunakan TTS, hal itu dibuktikan dengan semakin tingginya tingkat aktivitas belajar, ketuntasan klasikal dan rata rata kelas yang meningkat dari 76,30 meningkat menjadi 91,35. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan pembelajaran Literasi dengan Guru Teman Tutor Sebaya (Lagu TTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA MAN 4 Balangan
Copyrights © 2023