AMBARSA
Vol. 3 No. 1 (2023): Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Pesantren

Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa

Baehaqi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode hypnoteaching dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VII di MTs Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4) refleksi. Menggunakan teknik dalam pengumpulan data, yaitu evaluasi / test. Hasil penelitian terhadap pemahaman siswa pada materi fiqih menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukkan oleh prosentase hasil evaluasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan, karena sebelum penelitian prosentase ketuntasan klasikal terhadap hasil evaluasi belajar siswa adalah 12,5 % atau 4 siswa menjadi 20 siswa 62,49 %, pada siklus II lebih meningkat menjadi 28 siswa atau 87,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran hypnoteaching dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih kelas VII B MTs Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ambarsa

Publisher

Subject

Other

Description

Ambarsa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian sivitas akademik. Jurnal ini memuat kajian pendidikan Islam secara teoritis dan praktis sekaligus juga kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner ...