Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis

Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks

Setyo Utomo, Prayogo Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat saat ini membuat pengusaha di bidang kuliner juga harus memiliki strategi yang efektif. Setiap Coffe Shop mempunyai cara tersendiri dalam upaya meningkatkan dan memberi kepuasan terhadap konsumen. Kepuasan konsumen dianggap hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan dimana konsumen menuntut pelayanan yang baik untuk diberikan kepada konsumen agar tidak ditinggalkan oleh para pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Fokus penelitian ini yaitu pada Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang dimulai dari analisis berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data diperoleh baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan jasa yang diterapkan di Starbucks S Parman masih ada yang belum optimal dengan dimensi pelayanan yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan yang sudah diterapkan adalah Tangibles (bukti fisik). Hasil dari Analisis data SWOT yaitu SO > WT artinya kekuatan dan peluang melebihi Kelemahan dan Tantangan dan bisnis berpotensi berkembang. Saran untuk manager store bisa memperbaiki dan meminimalisir kelemahan-kelemahan serta mengantisipasi berbagai ancaman, kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jadbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications ...