eProceedings of Engineering
Vol 4, No 1 (2017): April, 2017

Analisis Pemasangan Absorber Dan Diffusor Terhadap Kinerja Akustik Pada Dinding Auditorium (ku3.08.11)

Shinta Rizqi Amalia (Telkom University)
Suwandi Suwandi (Telkom University)
Muhammad Saladin Prawirasasra (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Auditorium merupakan sebuah ruangan besar yang biasanya digunakan untuk pertemuan umum. Di Universitas Telkom, terdapat auditorium yang sering digunakan untuk melakukan perkuliahan umum, seminar, atau biasa disebut dengan room for speech. Dalam penilaian akustik, suatu ruangan dinilai berdasarkan parameter akustik objektif dan parameter akustik subjektif. Parameter akustik objektif terdiri dari waktu dengung, tingkat bising latar belakang, listening level, dan RASTI. Sedangkan untuk parameter akustik subjektif dinilai berdasarkan penilaian dari manusia. Pada ruang auditorium (KU3.08.11) telah dilakukan pengukuran lapangan dengan hasil waktu dengung 1,5s – 1,6 s, listening level yang sesuai, RASTI 58%, dan NC 25 dari hasil tersebut untuk parameter waktu dengung dan RASTI belum memenuhi rekomendasi nilai untuk room for speech. Pada penelitian ini, dilakukan simulasi pemasangan absorber dan diffusor pada dinding ruang untuk mengetahui pengaruh perubahan parameter akustik objektif pada ruangan. Dari hasil simulasi diperoleh hasil waktu dengung antara 0,64s – 0,92s dengan pemasangan absorber pada dinding bagian samping dan belakang serta pemasangan diffusor pada kolom dinding bagian samping. Kata Kunci: auditorium, parameter akustik objektif, absorber, diffusor.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...