INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 5, No 2 (2017): INPAFI

EKSPLORASI KESULITAN BELAJAR SERTA PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 MEDAN

Mailita Sari Pulungan (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Medan)
Mariati Purnama Simanjuntak (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan belajar serta menyelidiki pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus di kelas X semester I SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil dua dari enam kelas, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berjumlah 35 orang dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kesulitan belajar siswa berupa angket yang terdiri dari 29 pernyataan dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda dalam ranah kognitif yang terdiri dari 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada setiap pertemuannya mengalami penurunan. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata persentase perkembangan aktivitas, sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik. Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, kesulitan belajar, hasil belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...