INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 3, No 4 (2015): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI1 SILIMAKUTA SARIBUDOLOK T.P 2014/2015

Iramaya Fridayanti Sinaga (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)
Nurdin Siregar (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil  kelas yang akan diberikan perlakuan. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa  ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Kata kunci :inquiry training, hasil belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...