AbstrakTwitter merupakan media komunikasi yang biasanya digunakan untuk mengutarakan pendapat ataukomentar terhadap suatu produk, individu, tokoh ataupun acara televisi dan memberikan informasi.Informasi yang terdapat pada Twitter berupa pertanyaan, komentar atau opini yang bersifat positifmaupun negatif. Dengan menggunakan komentar yang didapat dari Twitter dapat melengkapi penilaianacara televisi yang selama ini dilakukan menggunakan rating, di mana hal tersebut tidak dapat sepenuhnyadijadikan acuan dalam suatu penilaian terhadap suatu acara televisi. Analisis sentimen merupakan cabangpenelitian dari text mining yang melakukan proses klasifikasi pada dokumen. Metode yang digunakan padatugas akhir ini adalah Naïve Bayes Classifier dengan menambahkan retweet. Berdasarkan hasil pengujian,NBC dengan menambahkan retweet dapat diimplementasikan dalam menganalisis sentimen mengenaiacara televisi dengan rata-rata akurasi yang mencapai 65%. Sedangkan rata-rata akurasi pada NBC tanparetweet adalah 61%. Kata kunci: Analisis sentimen, Twitter, Naïve Bayes Classifier, retweetAbstract Twitter is a communication media that is usually used to express opinions or comments on a product,individuals, characters or television shows and provide information. Information contained on Twitter inthe form of questions, comments or opinions that are positive or negative. Using comments obtained fromTwitter can complement the assessment of television programs that have been carried out using ratings,where they cannot be fully referred to in an assessment of a television program. Sentiment analysis is aresearch branch of text mining that performs the classification process on documents. The method used inthis final project is Naïve Bayes Classifier by adding retweets. Based on the results of testing, NBC by addingretweets can be implemented in analyzing sentiments regarding television programs with an averageaccuracy of 65%. While the average accuracy on NBC without retweets is 61%.Keywords: sentiment analysis, Twitter, Naïve Bayes Classifier, retweet
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019