Jurnal Kaganga : Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora
Vol. 3 No. 2 (2019)

Analisis Kemampuan Literasi Media Baru Pada Peserta Didik PKBM Songgo Langit Dalam Menyikapi Informasi Informasi Hoax Di Media Sosial

Hartanto, Yuli (Unknown)
Makhrian, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi media baru peserta didik dalam menggunakan media sosial dan menyikapi informasi hoax. Penelitian ini menggunakan teori literasi media baru oleh Jenkins dengan inti kemampuan literasi media baru play, simulation, appropriation, judgment, negotiation, visualization.Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap 7 informan, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Berdasarkan rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengakses media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram dalam mengeksplore media sosial, peserta didik menggunakan whatsapp untuk melakukan chating, facebook digunakan untuk mencari informasi dan mengupload foto dan instagram digunakan untuk melihat berita yang sedang viral, ketika mendapatkan informasi selalu mencari kebenaran dengan cara melihat sumber informasi, peserta didik paham tentang konsekuensi bagi penyebaran informasi hoax yaitu dapat dipenjara dan mampu membuat konten informasi berupa kejadian kecelakaan dan mampu megkreasikan informasi sebelum disebarkan di media sosial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkaganga

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kaganga adalah Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora yang dikelola oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu. Proses telaah dalam jurnal ini menggunakan double-blind peer-reviewed dengan dewan editor yang terdiri dari para ahli di bidang ilmu social, komunikasi dan humaniora. Jurnal ...