Pandemi yang dialami semua negara termasuk Indonesia, membuat kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan. Pemerintah menganjurkan aktivitas bertatap muka secara langsung dibatasi, termasuk aktifitas pendidikan dilakukan secara daring yang berdampak pada motivasi belajar siswa. Terdapat faktor internal dan external yang berhubungan dengan motivasi siswa dalam pembelajaran daring selama pandemi.Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa SMA kelas X dalam menjalani pembelajaran sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Blitar Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Desain penelitian menggunakan Observasional Analitic. Populasi sebanyak 381 siswa, jumlah sampel 38 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Variabel penelitian adalah Faktor yang berhubungan dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X dan Motivasi Siswa dalam pembelajaran Daring. Instrument penelitian berupa kuesioner (online form). Penelitian dilakukan tanggal 15-30 Desember 2020. Data dianalisa dengan analisis Corelation yaitu uji Rho Spearman dan Coefisien Kotigensi dengan nilai Alpha 5%. Analisis Corelation didapatkan hasil, faktor usia p value 0.719, Jenis Kelamin p value 0.329, tinggal serumah p value 0.123 dimana dari ketiga faktor tersebut p value ≥ 0,05 berarti faktor usia, jenis kelamin dan tinggal serumah dengan siapa tidak berhubungan dengan motivasi belajar siswa pada masa pandemi. Faktor Jaringan Internet didapatkan p value 0,015 dimana jika p value ≤ 0,05 berarti faktor jaringan internet berhubungan dengan motivasi belajar siswa selama masa pandemi. Faktor Usia, jenis kelamin dan Teman /tinggal serumah dengan siapa adalah faktor yang tidak berhubungan dengan motivasi belajar siswa, dan layanan jaringan Internet merupakan faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa selama masa pandemi.
Copyrights © 2022