Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 4, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Desain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Virtual Reality 3D pada Pembelajaran IPS di Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Masa Pandemi COVID19

Rosmiati Rosmiati (UNIVERSITAS JAMBI)
Novia Sri Dwijayanti (universitas jambi)
Anny Wahyuni (universitas jambi)
Apdelmi Apdelmi (universitas jambi)
Tohap Pandepotan Simaremare (univeristas jambi)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan manusia agar mampu mandiri,mengembangkan potensi diri, menjadi anggota masyarakat yang berdaya guna dan dapat hidup dalam pembangunan bangsa. Pembelajaran daring yang sudah berlangsung atau yang sedang berlangsung masih banyak mengalami kendala-kendala yang dirasakan oleh dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Jambi akan membuat sebuah Inovasi dalam proses pembelajaran di kelas pada masa pandemi COVID-19 ini yaitu desain pembelajaran virtual reality 3D.  Model dalam penelitian pengembangan ini bersifat deksriptif prosedural, artinya didalam pengembangan produk media pembelajaran berbasis teknologi virtual reality 3D terdapat langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Model pengembangan merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Desain media pembelajaran berbasis teknologi  virtual reality  3D pada pembelajaran IPS dalam rancangannya menggunakan model desain pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh Lee dan Owens (2004), yaitu model pengembangan multimedia-based instructional design. Media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) Berdasarkan hasil penelitian pada ujivalidasi ahli media oleh para ahli yang idukur berdasarkan dua kriteria bahwa (1) valid terkait dengan sesuai media dengan kemampuan mahasiswa, dan (2) desain media yangdikembangkan memenuhi unsur ketepatan untuk mahasiswa atau dengan presentase skor 92,5%. Tingkat kelayakan produk media teknologi virtual reality 3D pada aspek isi/materidan design mencapai 89,58 %. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...