Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 1 No. 2 (2021): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Membuat Alat Peraga Bahasa Indonesia SD dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek

Putri Hana Pebriana (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Mufarizuddin Mufarizuddin (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam membuat alat peraga Bahasa Indonesia SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan checklist/daftar cek penilaian proyek dan dokumentasi. Pada pembelajaran berbasis proyek dalam penelitian ini menghasilkan alat peraga yang telah dibuat oleh mahasiswa PGSD sebagai calon guru. Adapun alat peraga yang dihasilkan mahasiswa PGSD melalui pembelajaran berbasis proyek yaitu: 1) Huruf abjad, 2) rumah dongeng, 3) papan pantun, 4) papan eja, 5) ular tangga, 6) origami pertanyaan, 7) papan kosakata, 8) papan kalimat dan 9) permainan dadu. Jika dilihat, alat peraga yang dibuat sudah sangat bervariatif dan diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari di kelas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...