Penelitian ini dilandasi adanya fenomena siswa kesulitan melakukan penyesuaian diri disekolah. Rendahnya penyesuaian diri siswa akan menghambat proses belajar bahkan prestasi siswa akan menurun. Penelitian ini dengan desain one group pretest posttest yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan konseling kelompok teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Semarang. Populasi berjumlah 144 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling , sampel dipilih kembali 5 siswa. metode pengumpulan data dengan instrumen skala penyesuaian diri. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase dan uji wilconxondengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penyesuaian diri siswa setelah diberikan konseling kelompok teknik perilaku dengan rata-rata peningkatan 18,8%. Hasil uji wilcoxon nilai asymp. tanda tangani (2-tailed) yaitu 0,0430,05 dapat dikatakan sebagai penelitian ini diterima secara efektif yaitu konseling kelompok teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri siswa kelas X SMA Negeri 10 Semarang.
Copyrights © 2023