EMPATI
Vol 10, No 1 (2023): Empati

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FIP UNNES

fitri, Elisa Iwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Abstrak. Adanya pandemi covid 19 menimbulkan Perubahan kondisi. Pembelajaran daring, ini berpontensi menimbulkan stres dikarenakan kurangnya motivasi berprestasi mahasiswa fip unnes dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan  mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan stres akademik mahasiswa fip unnes dalam pembelajaran online. Metode penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 320 dari 3994 mahasiswa dengan menggunakan dispropotionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data adalah skala motivasi berprestasi dan skala stres akademik. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran online dengan memberikan sumbangsih sebesar 0,84 yang berarti berhubungan  negative yang signifikan, sedangkan sisanya dipengaruhi prediktor lain. Dosen dan konselor dapat memberikan tretmen maupun layanan yang tepat dan baik agar dapat mereduksi stres akademik mahasiswa dan dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...