TK Dharma Wanita Persatuan 1 Desa Sumbersekar sangat membutuhkan bantuan dalam peningkatan fasilitas pembelajaran Bahasa Inggris bagi para peserta didik, atau biasa disebut siswa usia dini. Guru-guru yang ada di TK tersebut belum ada yang memiliki kemampuan mengajar bahasa Inggris, begitupun materi yang bisa dipakai sebagai acuan dalam pembelajarannya. Menentukan materi ajar dalam Bahasa Inggris terutama bagi anak usia dini tidaklah mudah, terutama bagi para pengajar yang tidak memiliki basis pengetahuan pengajaran bahasa. Berdasarkan identifikasi masalah utama, yaitu belum adanya fasilitas utama maupun pendukung pengenalan dan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tersebut, disusunlah sebuah modul. Para pakar di bidang pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa usia dini (Teaching English to Young Learners) sepakat bahwa pengajaran Bahasa Inggris yang tepat adalah berdasarkan metode yang tepat pula, didukung oleh pemilihan materi ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karenanya, kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan materi interaktif berupa modul pembelajaran siap implementasi sehingga memudahkan para guru dalam proses belajar mengajar. Modul tersebut dikembangkan dengan model “Thematic Unit Lessons” (pengajaran berbasis tema), yang terbagi menjadi 9 tema utama, dan masing-masing tema dibagi menjadi dua sesi pengajaran. Dengan menggunakan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) pada bagian instruksi untuk guru, diharapkan guru TK yang belum memiliki basis Bahasa Inggris pun tidak menemui kesulitan dalam implementasinya di kelas, karena sebelumnya telah diberi pelatihan dasar cara menggunakan modul tersebut. Hal ini merupakan tahap terakhir yaitu penerapan, sebagai tahap implementasi yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan kepada sekolah mitra untuk menggunakan modul tersebut di sekolah.
Copyrights © 2020