Kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan menulis artikel ilmiah dari hasil kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan laporan kegiatan Lesson Study (LS). Pada kenyataannya sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah, termasuk guru pada Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari enam kegiatan yang meliputi (1) sharing permasalahan, (2) ekspositori konsep, (3) pelatihan penulisan artikel, (4) pendampingan proses penulisan artikel, (5) evaluasi kegiatan, dan (6) kegiatan publikasi artikel di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. 20 artikel ilmiah yang telah dihasilkan masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran. Berdasarkan penilaian Tim pengabdian menujukkan bahwa semua artikel yang telah dihasilkan masih belum terlihat jelas pada bagian hasil dan pembahasan.
Copyrights © 2020