Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 6 No 3: Desember 2022

Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Perancah Majas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu

Jumarta, Rofi (Unknown)
Trianto, Agus (Unknown)
Wisman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran  keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini guru dan siswa dengan jumlah populasi siswa yaitu sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumen, dan wawancara. Data pada penelitian ini berupa ucapan dan perbuatan guru dan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas bahasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, teknik perancah majas yang diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A terlihat para peserta didik timbul rasa motivasi belajar dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Namun, penerapan teknik perancah majas yang dilakukan oleh guru pada peserta didik belum sesuai dengan prosedur pembelajaran perancah sebagai mana mestinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...