Abstrak: Di era disrupsi digital peran teknologi sangat berpengaruh pada interaksi manusia dengan teknologi itu sendiri. Hal ini terjadi di berbagai aspek kehidupan, tanpa terkecuali di dunia pendidikan. Salah satu teknologi yang saat ini paling banyak memeberikan kontribusi bagi dunia bisnis, pemerintahan, maupun dunia pendidikan adalah teknologi Barcode/QR-Code. Teknologi tersebut sangat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbagai operasional maupun pelayanan di suatu organisasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan knowledge dan skills pada peserta pengabdian dalam menggunakan dan mengimplmentasikan teknologi QR-Code. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pengenalan dan pemanfaatan teknologi barcode/qr-code pada aplikasi presensi siswa di SMK AN NUR Slawi menggunakan metode ceramah, pelatihan dan pendampingan berbasis cooperative learning dengan peserta sejumlah 33 peserta yang terdiri dari 30 siswa dan 3 Guru. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mengalami peningkatan dari sisi knowledge atau pengetahuan tentang teknologi QR-Code sebesar 90% dan peningkatan dari sisi skills atau kemampuan sebesar 86.7%. Selain itu, implementasi aplikasi presensi berbasis qr-code pada kegiatan ini juga mendapatkan respon yang sangat positif dari kepala sekolah karna dirasa sangat membantu pihak sekolah dalam melakukan evaluasi presensi siswa secara real-time.Abstract: In the era of digital disruption, the role of technology is very influential in human interaction with technology itself. This happens in various aspects of life, without exception in the field of education. One of the technologies that currently contributes the most to the field of business, government, and the field of education is Barcode/QR-Code technology. This technology greatly improves efficiency and effectiveness in various operations and services in an organization. The purpose of this community empowerment activity is to increase the knowledge and skills of service participants in using and implementing QR-Code technology. In this community empowerment activity, the introduction and use of barcode/qr-code technology was carried out in the student presence application at SMK AN NUR Slawi Tegal Central Java using lecture methods, training and mentoring based on cooperative learning with 33 participants consisting of 30 students and 3 teachers. The results of this community empowerment activity show that most of the participants experienced an increase in terms of knowledge about the QR-Code technology by 90% and an increase in terms of skills or abilities by 86.7%. In addition, the implementation of the qr-code based attendance application in this activity also received a very positive response from the The school principal because it was felt to be very helpful for the school in evaluating student attendance in real-time.
Copyrights © 2023