SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 9, No 1 (2023): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 SOPPENG

Ditya Zul Asmi (Universitas Negeri Makassar)
Sidin Ali (Unknown)
Khaeruddin Khaeruddin (Unknown)
Ihsanulfu’ad Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain faktorial 2x2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis skor motivasi belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik baik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek maupun yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar fisika peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 peserta didik yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas X MIA 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan anava dua jalur, menunjukkan skor rata-rata keterampilan proses sains yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 9,64 dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 6,32. Adapun perbedaan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika tinggi sebesar 9,72 dan 8,36. Sedangkan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika rendah sebesar 9,91 dan 4,18. Berdasarkan uraian pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik, terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan motivasi tinggi, terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan motivasi rendah, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...