Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 1 (2023)

Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning

Indah Syafitri (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)
Atma Murni (Unknown)
Syarifah Nur Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII SMA pada materi jarak dalam ruang. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa dan didukung oleh lembar observasi dan pedoman wawancara. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang validarot ahli. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon siswa SMA N 12 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak dan mudah digunakan untuk pembelajaran. Perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LAS ini dapat digunakan sebagai pedoman dan bahan ajar untuk pembelajaran jarak dalam ruang. Penelitian perlu dilanjutkan untuk menguji keefektivan perangkat pembelajaran ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...