Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Juli : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABLE KELAS 7 SMP DARROSTA JAKARTA BARAT

Dina Angraeni (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Survei ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan memecahkan masalah matematika siswa pada materi persamaan linier satu variable kelas VII di SMP Darrosta Jakarta. Metode survei yang digunakan adalah studi kasus kualitatif terhadap 25 siswa kelas VII SMP Darosta Jakarta dan 3 siswa yang mengambil sampel survei dengan 10 soal uraian. Proses pengembangan instrumen dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan uji coba instrumen kepada siswa yang menerima materi penelitian ini. Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa peralatan yang diproduksi memenuhi persyaratan untuk peralatan yang baik yaitu uji daya pembeda, validitas dan reliabilitas. Dari hasil maka dapat disimpulkan Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 8 butir soal sudah divalidasi, Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan indikator keterampilan memecahkan masalah matematika polya dengan tes terulis untuk mengetahui tingkatan siswa sesuai kategori baik, cukup dan kurang. Hasil Survei ini adalah (1) Keterampilan memecahkan masalah matematika siswa untuk materi persamaan linier satu variable masih kurang. (2) Dari 25 siswa diperoleh sebanyak 2 orang siswa atau 8 % yang siswa termasuk dalam kategori “baik ”, 7 siswa atau 26 % termasuk kedalam kategori “Cukup”, 16 siswa atau sebanyak 64 % termasuk kedalam kategori “kurang”. (3) Dari 25 Siswa ini diambil 3 siswa pertingkatan siswa yaitu katagori baik, cukup dan kurang. Dari ketiga siswa ini menemukan bahwa mereka masih memiliki soal pemecahan masalah yang telah diuji sesuai dengan indikator pemecahan masalah dengan polya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Education

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pendidikan usia dini. Pendidikan Dasar. Pelajaran kedua. Pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan Karakter. Pendidikan non formal. Pendidikan Informal. Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Luar Biasa Lainnya (Bencana, Kemasyarakatan, Anti Korupsi, Bela Negara, dll). Sosial Humaniora ...