Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan
Vol 2 No 1 (2022): Maret : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

URGENSI LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DALAM MENDORONG SISWA BELAJAR AKTIF

Aulia Dini Hanipah (Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia)
Titan Nurul Amalia (Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia)
Dede Indra Setiabudi (Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Jurnal ini membahas tentang urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa untuk belajar secara aktif. Lingkungan belajar sekolah yang kondusif erat kaitannya dengan kualitas belajar siswa. Metodologi atau pendekatann yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengeplorasi beberapa Jurnal, buku, dan dokumen-dokumen serta sumber data dan informasi lainya yang dianggap relevan dengan kajian. Dalam lingkungan belajar yang aktif, siswa tidak terbebani secara individu dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, tetapi mereka dapat saling bertanya dan berdiskusi sehingga beban belajar bagi mereka tidak terjadi. Dengan strategi pembelajaran aktif ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki sehingga pada akhirnya dapat mengoptimalkan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Education

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pendidikan usia dini. Pendidikan Dasar. Pelajaran kedua. Pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan Karakter. Pendidikan non formal. Pendidikan Informal. Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Luar Biasa Lainnya (Bencana, Kemasyarakatan, Anti Korupsi, Bela Negara, dll). Sosial Humaniora ...