Dalam pembelajaran matematika media pembelajaran yang digunakan dapat beragam. Dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi siswa diharap mampu lebih tertik pada saat mengikuti pembelajaran. Salah satunya ialah dengan menggunakan media video pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yang memperoleh dua kelas yaitu kelas X-A dan X-B. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari data didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Nilai Rata-rata siswa yang menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran secara saintifik. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan alternatif pembelajaran yang efektif di kelas.
Copyrights © 2021