Penelitian ini untuk menggali motif komunikasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara selama masa Covid 19, pembelajaran dilakukan sesuai kondisi dengan target dan hasil yang telah ditentukan sebelumnya,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif deskriptif dengan teori fenomenologi untuk menggali lebih dalam fenomena pembelajaran daring dan hubungan intersubjektif antara guru, siswa dan pemangku kebijakan yaitu kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi berperanserta, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian motif komunikasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Halmahera Barat Provinsi Maluku memiliki beberapa motif yaitu motif biologis untuk mempertahankan hidup agar semua civitas terhindar dari penularan virus Covid-19, kemudian motif biogenesis yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang sudah banya terjangkit oleh penularan virus dan juga instruksi dari pemerintah.
Copyrights © 2022