Dengan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia mendukung pertumbuhan penggunaan Marketplace sebagai aplikasi berbelanja, didukung dengan factor kebiasaan aktivitas selama pandemic covid-19 yang melakukan aktifitas di dalam rumah. Pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya  membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengetahui Marketplace mana yang diminati. Sehingga dibutuhkan sistem pendukung keputusan dalam memutuskan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dinilai metode yang tepat dalam mendukung keputusan karena memiliki beberapa kelebihan. Pada penelitian ini terdiri dari 5 alternatif yaitu shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan blibli. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) didapati shopee memiliki  nilai prefensi 0.980 diikuti dengan tokopedia dengan nilai prefensi 0.973, diurutan ketiga lazada dengan nilai prefensi 0.934 lalu blibli dengan nilai prefensi 0.903 dan yang terakhir bukalapak dengan nilai prefensi 0.864. Disimpulkan dari penelitian ini shopee merupakan Marketplace yang paling diminati.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023