Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 14 No. 1 (2023): JURNAL GENTA MULIA

LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH MENENGAH

Nanda Safarati (Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim, Aceh, Indonesia)
Fatma Zuhra (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Almuslim, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel-artikel ilmiah yang relevan dan berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah menengah, yaitu pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review (tinjauan pustaka). literature review diperoleh dari artikel terbitan 5 tahun terakhir yaitu dari tahun 2018 hingga 2022. Pencarian literatur difokuskan pada kata kunci “Pembelajaran berdiferensiasi” sehingga total artikel yang diperoleh sebanyak 1610 artikel, untuk penelitian pada jenjang SD, SMP dan SMA, yang diakses menggunakan google scolar. Namun, karena literature review artikel ini untuk mengetahui penerapanpembelajaran berdiferensiasi di sekolah menengah pada tingkat SMP dan SMA, maka dari jumlah total artikel yang didapatkan, penulis melakukan identifikasi dan pemilihan data yang sesuai. Sehingga hasil screening diperoleh sebanyak 16 artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil analisis literature review, maka disimpulkan a) pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan pada jenjang sekolah menengah; (b) pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (c) pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan dalam semua pembelajaran dengan mengakomodir kebutuhan belajar siswa, (d) Instrumen yang digunakan dalam penelitian pembelajaran berdiferensiasi lebih dominan untuk mengukur hasil belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...