Penelitian Tindakan Sekolah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi kerja guru kelas VII di SMP 5 Banguntapan semester 1 tahun pembelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan (1) apakah melalui supervise akademik dapat  meningkatan prestasi kinerja guru di SMP 5 Banguntapan, (2) bagaimanakah penerapan supervise akademik dengan Teknik bimbingan personal dapat meningkatkan prestasi kinerja guru di SMP 5 Banguntapan?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dengan 2 siklusPendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang terkumpul dikelompokkan menjadi dua kelompok data, yaitu kualitatif yang berbentuk simbol atau kata dan kuantitatif yang berupa angka. Hasil PTSmenunjukkan bahwa: (1) guru dalam persiapan pembelajaran melalui telaah renca pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 mencapai 57,57 % dan siklus 2 mencapai 81,81%  Dengan kategori baik ada peningkatan 39,39% (2) pengelolaa/penerapan prestasi kerja guru setelah melalui bimbingan personal dari 43% meningkat menjadi 81%, ada peningkatan 38%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023