Pemasaran Olahraga menerapkan prinsip dan proses pemasaran melalui produk olahraga. Seseorang dikatakan beretika jika mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan prinsip menyeimbangkan kepentingan pribadi dengan orang lain. Loyalitas dapat digunakan sebagai motivator untuk membujuk pelanggan agar menggunakan fasilitas atau layanan Perusahaan. Kepercayaan didefinisikan sebagai keyakinan bahwa masing-masing pihak saling bergantung dan membutuhkan yang lain. Oleh karena itu, penulis memilih judul ini karena melihat adanya perilaku jual beli antara perusahaan dan konsumen pada bidang pakaian olahraga maka dari itu penulis menggunakan Jakarta sebagai objek observasi Rancangan penelitian ini menggunakan metode SEM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 orang responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ethical behavior, variabel dependen adalah loyalty dan variabel intervening adalah customer satisfaction dan trust.Dengan demikian, pengaruh dari Customer’s Satisfaction adalah Ethical Behavior, konsekuensi dari Customer’s Satisfaction adalah Trust, dan konsekuensi dari Trust adalah loyalty. Ethical Behavior tidak dapat berpengaruh langsung terhadap loyalty tetapi harus dimediasi oleh Trust. Ethical Behavior tidak dapat berpengaruh langsung terhadap Trust tetapi harus dimediasi oleh Customer’s Satisfaction. Customer’s Satisfaction tidak dapat berpengaruh langsung terhadap loyalty tetapi harus dimediasi oleh Trust.Peneliti selanjutnya dapat menyertakan variabel lain yang ikut mempengaruhi loyalty, seperti variabel emotional attachment, variabel commitment dan variabel experience sehingga model penelitian lebih komprehensif dan dapat mengembangkan hipotesis yang melibatkan variabel customers satisfaction dan trust sebagai mediator dari pengaruh ethical behavior terhadap loyalty.
Copyrights © 2023