Prestasi belajar merupakan nilai hasil dan tingkat kemampuan yang telah dicapai oleh setiap mahasiswa yang mengikuti proses belajar mengajar Tinggi rendahnya pencapaian nilai prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan ekternal ternal dari mahasiswa. Media sosial merupakan faktor yang bisa mempengaruhi menurunya prestasi belajar dan bisa juga meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi penggunaan media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Keperawatan Ttingkat III STIKes Santa Elisabeth Medan. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional, populasi yaitu seluruh mahasiswa S1 Keperawatan tingkat III STIKes Santa Elisabeth Medan berjumlah 85 responden menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Hasil uji ststistik chi-square diperoleh nilai P- value = 0,042 (p<0,05), ada hubungan antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa. Penggunaan media sosial sebagai alternatif media belajar dan mampu mengatur cara belajar yang aktif dengan cara menggunakan media sosial yang dimiliki bisa berfungsi dengan baik dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media belajar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
Copyrights © 2022