Jurnal Visual
Vol 18 No 1 (2022)

Perancangan Ilustrasi Buku Kumpulan Cerita Pendek Rahasia Selma dengan Pendekatan Metafora

Agus Danarto (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara)
Cindy Kurniawan (Universitas Tarumanagara)
Muhammad Nashir Setiawan (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Buku merupakan media yang cukup populer sampai sekarang ini. Salah satu genre yang digemari masyarakat adalah buku berisikan kumpulan cerita. Buku “Rahasia Selma” adalah buku yang berisikan kumpulan beberapa cerita pendek yang disatukan dalam satu buku. Pada buku ini mengandung cerita yang membahas mengenai kejadian dalam kehidupan seperti kekerasan, tragedi. Tujuan perancangan Untuk mendapatkan hasil perancangan berupa ilustrasi yang sesuai dengan cerita dari buku, tetapi bisa mengurangi aspek-aspek kesedihan dan kekerasan yang terkandung dalam cerita. Buku kumpulan cerita pendek “Rahasia Selma” mempunyai banyak teks sehingga butuh ilustrasi sebagai selingan, serta redesain layout pada buku sehingga tidak terlalu membosankan. Perancangan ini disajikan dalam bentuk buku dengan beberapa ilustrasi pada setiap judul cerita. Perancangan ini menggunakan metode A Theoritical and Contextual Perspective: mengembangkan ide, menjawab pertanyaan, proses konseptual, penelitian, menggambar. Hasil rancangan dengan gaya ilustrasi menggunakan gaya watercolor yang memiliki warna soft dan outline yang kuat. Penggambaran ilustrasi dengan metafora dianggap paling tepat karena menstimulasi imajinasi pembaca untuk mengkaitan antara cerita dengan visualisai ilustrasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

visual

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Visual berperan sebagai media yang menampilkan berbagai pemikiran sivitas akademika dan peneliti tentang hal-hal yang memiliki konteks dan relevansi dengan bidang seni rupa dan desain, sekaligus sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan pada umumnya, ...